Volkswagen Nomor Satu di Dunia 2018!
Jumat, 1 Oktober 2010 | 16:26 WIB
VW
PARIS, KOMPAS.com - Sehari jelang pembukaan paris Motor Show 2010, CEO Volkswagen Martin Winterkom mengeluarkan pernyataan cukup mengejutkan.(1) Di hadapan 1.470 wartawan dari penjuru dunia ia menyatakan kalau VW “akan mengalahkan Toyota dan General Motors untuk menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018!".(2)
VW, lanjut Winterkom, ingin mengejar rekor penjualan 10 juta unit mobil dalam delapan tahun ke depan, sehingga bisa melewati dua produsen mobil raksasa tersebut.(3) Meski begitu, ia tetap mengingatkan bahwa untuk meraih besarnya angka penjualan hanyalah salah satu cara mencapai tujuan. "Ukuran (penjualan) adalah hasil yang diharapkan, namun ini bukanlah tujuan dari langkah yang kami lakukan," tambahnya.
Untuk memenuhi ambisi itu, salah satu strategi yang dilakukan VW membuat jajaran model yang lebih luas antar merek yang ada di bawah payungnya. Dengan cara begitu dapat menghemat biaya lantaran penggunaan platform, mesin dan komponen serupa. Konsumen pun punya pilihan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit dengan membeli produk Skoda atau Seat yang memiliki platform sama dengan VW yang lebih mahal. Hingga 2018, VW akan mengembangkan 200 model dari sembilan merek di bawah grupnya.(4)
Saat ini VW telah sukses menguasai pasar mobil terbesar di dunia, China.(5) Awal tahun ini, VW membeli 19,9 persen saham Suzuki sebagai bagian dari usaha menguasai pasar mobil kecil, sekaligus pasar mobil India yang juga menggiurkan. Tantangan terbesar VW kini ada di pasar Amerika Serikat, dimana mereka hanyalah pemain kecil.(6) Tahun ini mereka memperkenalkan generasi terbaru dari Jetta dan Tiguan di AS.(7) VW juga tengah menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Chattanooga, Tennessee yang akan mulai berproduksi 2011.(8)
Sebelumnya, GM memegang posisi puncak produsen mobil terbesar sejak 1930 sebelum terpuruk di 2008 akibat krisis keuangan. Toyota kemudian mengambil alih posisi tersebut, namun kini tengah menghadapi persoalan recall dan keselamatan produknya. Bisa jadi ini saat yang tepat untuk VW!
Penulis:BBB
Editor: Bastian Autoweek, Bloomberg
1. Sehari jelang pembukaan paris Motor Show 2010, = (K) CEO Volkswagen Martin Winterkom = (S) mengeluarkan = (P) pernyataan = (O) cukup mengejutkan. = (Pel)
>>Kalimat aktif transitif.
2. Di hadapan 1.470 wartawan dari penjuru dunia = (K) ia = (S) menyatakan = (P) kalau VW akan mengalahkan Toyota dan General Motors untuk menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018!. = (O)
>>Kalimat tidak langsung
3. VW, lanjut Winterkom, ingin mengejar rekor penjualan 10 juta unit mobil dalam delapan tahun ke depan, sehingga bisa melewati dua produsen mobil raksasa tersebut.
>>Kalimat benar, karena kalimat majemuk yang ada didalmnya tidak dipenggal.
4. Hingga 2018, = (K) VW = (S) akan mengembangkan = (P) 200 model dari sembilan merek di bawah grupnya. = (O)
>> Kalimat aktif transitif
5. Saat ini = (K.Waktu) VW = (S) telah sukses menguasai = (P) pasar mobil terbesar = (O) di dunia, China. = (K.Tempat)
>>Kalimat aktif transitif
6. Tantangan terbesar VW kini ada di pasar Amerika Serikat, dimana mereka hanyalah pemain kecil.
>> Kini, tantangan terbesar VW adalah dimana mereka hanyalah pemain kecil di pasar Amerika Serikat.
Kini, = (K.Waktu) tantangan terbesar VW = (S) adalah dimana mereka hanyalah pemain kecil = (P) di pasar Amerika Serikat. = (K.Tempat)
>>Kalimat aktif intransitif, karena tidak memiliki objek.
7. Tahun ini mereka memperkenalkan generasi terbaru dari Jetta dan Tiguan di AS.
>> Tahun ini mereka memperkenalkan generasi terbaru dari Jetta dan Tiguan kepada warga di AS.
Kata kerja memperkenalkan tergolong kata kerja benefaktif yang berarti pekerjaan tersebut dilakukan untuk orang lain, sehingga harus ditambahkan kata ganti orang di belakangnya.
8. VW = (S) juga tengah menyelesaikan = (P) pembangunan pabrik baru = (O) di Chattanooga, Tennessee = (K.Tempat) yang akan mulai berproduksi 2011. = (K.Waktu)
>>Kalimat aktif transitif
VW, lanjut Winterkom, ingin mengejar rekor penjualan 10 juta unit mobil dalam delapan tahun ke depan, sehingga bisa melewati dua produsen mobil raksasa tersebut.(3) Meski begitu, ia tetap mengingatkan bahwa untuk meraih besarnya angka penjualan hanyalah salah satu cara mencapai tujuan. "Ukuran (penjualan) adalah hasil yang diharapkan, namun ini bukanlah tujuan dari langkah yang kami lakukan," tambahnya.
Untuk memenuhi ambisi itu, salah satu strategi yang dilakukan VW membuat jajaran model yang lebih luas antar merek yang ada di bawah payungnya. Dengan cara begitu dapat menghemat biaya lantaran penggunaan platform, mesin dan komponen serupa. Konsumen pun punya pilihan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit dengan membeli produk Skoda atau Seat yang memiliki platform sama dengan VW yang lebih mahal. Hingga 2018, VW akan mengembangkan 200 model dari sembilan merek di bawah grupnya.(4)
Saat ini VW telah sukses menguasai pasar mobil terbesar di dunia, China.(5) Awal tahun ini, VW membeli 19,9 persen saham Suzuki sebagai bagian dari usaha menguasai pasar mobil kecil, sekaligus pasar mobil India yang juga menggiurkan. Tantangan terbesar VW kini ada di pasar Amerika Serikat, dimana mereka hanyalah pemain kecil.(6) Tahun ini mereka memperkenalkan generasi terbaru dari Jetta dan Tiguan di AS.(7) VW juga tengah menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Chattanooga, Tennessee yang akan mulai berproduksi 2011.(8)
Sebelumnya, GM memegang posisi puncak produsen mobil terbesar sejak 1930 sebelum terpuruk di 2008 akibat krisis keuangan. Toyota kemudian mengambil alih posisi tersebut, namun kini tengah menghadapi persoalan recall dan keselamatan produknya. Bisa jadi ini saat yang tepat untuk VW!
Editor: Bastian Autoweek, Bloomberg
0 komentar:
Posting Komentar